Monday, April 30, 2012

Statistik Kartuku


Salah satu hal terkeren dari postcrossing adalah fitur statistik. Di dalam fitur yang bisa Anda temukan di toolbar “Explore” adalah statistik yang berisi 3 bagian. Antara lain statistik yang menunjukkan activity per month alias aktivitas kita selama sebulan dalam bertukar kartu pos; country distribution alias negara-negara asal user lain yang berpostcrossing dengan kita; dan postcards by country yang menunjukkan secara detil berapa riwayat kartu pos kita.

Di bagian postcard by country ini bisa dilihat berapa waktu mengirim dan menerima kartu pos dari luar negeri. Ugh….bisa dilihat di tabel ini bahwa waktu mengirim kartu pos ke luar negeri memakan waktu rata-rata 1 bulan. Sebaliknya saya menerima dalam waktu yang rata-rata separuhnya, alias 2 minggu. Huuuu pantas saja banyak user luar negeri yang dalam wakgtu 3 bulan  sudah bisa mendapat 30 kartu pos sedangkan saya dalam waktu yang sama baru mendapat 12 kartu pos. Perbedaan yang cukup jauh bukan? Hiks hiks hiks.


Karena rentang waktu yang lama inilah maka saya lebih banyak bertukar langsung (direct swap). Daripada menunggu lama sekali….
Statistik terakhir sampai akhir April 2011


Aktivitas postcrossing saya, hiks ada bulan sepi kartu pos juga hiks hiks




Untuk negara-negara yang sudah saya kirimi / mengirimi saya kartu pos bisa dilihat di pie chart di atas (sampai April 2012). Nah ternyata paling banyak dari 3 negara yaitu Belanda, A.S dan Jerman. Belanda adalah negara kedua dengan jumlah anggota postcrossing yang terbesar di Eropa (sekitar 22.000 member) sementara Jerman memiliki anggota postcrossing kedua terbesar di Eropa sebanyak 20.000orang. 
A.S dan Cina tentu saja memiliki jumlah anggota yang lebih besar, di dunia saja mereka populasinya sangat besar jadi tidak mengherankan dong jika mereka juga memadati populasi postcrossing. Data tentang jumlah anggota postcrossing ini bisa dilihat di toolbar "Explore" dan klik countries. 

Tapi...harap diingat bahwa ini adalah jumlah member aktif dan tidak aktif. Tidak aktif ya artinya mereka terdaftar tapi belum melakukan aktivitas mengirim / menerima kartu pos sama sekali. Banyak loh yang seperti ini, coba saja cari Indonesia dan usernya, banyak sekali yang mendaftar tapi tidak berkirim kartu pos. 

Sekian laporan tentang postcrossing. Sambung lagi di lain kesempatan ho ho ho






No comments:

Post a Comment