Batu Secret Zoo

I did it yeah!! I finally visited this place last week after I promoted about the trip to the students in my class. I had a great time at this place. I couldn't believe that I spent 6 hours at this magnificent zoo. Well this zoo might be just a normal zoo for you who lives in a developed country, but for a country like Indonesia, this zoo was superb!

Pembukaannya bahasa Inggris tapi selanjutnya bahasa Indonesia saja. Ho ho ho. Keren sekali Batu Secret Zoo ini. Di mana tempatnya? Sesuai namanya, terletak di kota Batu, Malang. Dari Surabaya, 2 jam perjalanan saja. Bisa kurang sih tapi mengingat kami (saya dan murid-murid gokil saya) berhenti beberapa kali di SPBU untuk pipis dan jajan, maka molor lah jadinya. Senangnya, acara jalan-jalan yang kami lakukan tanggal 21 April yang lalu ini tidak terkendala kemacetan Porong mengingat sudah ada jalan arteri baru. Karena terakhir kali saya melewati Porong di bulan Desember 2012, hampir setengah tahun yang lalu, jadi saya tidak tahu bahwa sudah ada jalan anti macet (akhirnya).

Kami sewa mobil dengan servis yang tidak memuaskan mengingat kendaraan diganti di menit-menit terakhir tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Ketika saya bertanya di mana mobil berada (karena datang terlambat) barulah pemilik rental mengatakan bahwa kendaraan ditukar. Marah pun tidak ada artinya, saya tidak punya pilihan lagi. Kekecewaan lain karena keterlambatan sopir. Pengalaman saya dengan rental lain sopir datang setengah jam sebelum waktu yang diminta. Yang ini terlambat dan nyasar duh!

Sampai di lokasi saya terperangah, whoaaaa luas dan bagus sekali tempatnya. Cuma satu pikiran saya, investasinya berapa milyar? Atau mungkin trilyunan? Foto-foto dulu ah di depan gerbangnya.



Tiket masuk Batu Secret Zoo sebesar 60,000 rupiah. Tiket masuk Museum Satwa 20,000. Kami tidak mengambil tiket terusan untuk dua tempat tersebut mengingat sampai di tempat sudah hampir jam 11. Begitu masuk  kami bertemu dengan tikus raksasa, yang lebih mirip dengan berang-berang he he, dan banyak monyet kecil lainnya. Saya benar-benar takjub dengan koleksi hewannya yang belum pernah saya lihat di TV apalagi di kehidupan nyata (karena TV saya stasiun lokal semua isinya dan dihiasi dengan sinetron kali ya?). Untuk mempersingkat waktu silakan dilihat saja beberapa koleksi hewannya.

Singkat kata Batu Secret Zoo itu :

  1. Luas .Tidak disarankan mengajak manula karena perjalanan menyusuri kebun binatang ini sangatpanjang, kecuali Anda mau menyewa sepeda listrik seperti mobil mini di padang golf yang sewanya kalo tidka salah 200,000 untuk 3 jam.
  2. Bersih. Jangan buang sampah sembarangan ya? Dilarang juga membawa makanan seperti sayur (sup, lodeh, sayur asem dll) lontong, nasi dan lauk-pauknya. Jika mau jajan, di dalam disediakan cafe dan tempat makan dengan harga terjangkau (sesuai standar tempat wisata) antara 15,000 sampai 30,000 per porsi. Catatan: Jangan beli kentang goreng dan gorengan lain karena harganya fantastis 15,000 per kotak kecil. Di luar kentang goreng seiprit ini harganya 5000 rupiah saja (porsi 2x lipat)
  3. Panas. Biarpun terletak di kota Batu, tetap saja jika musim kemarau panas menyilaukan mata. Kacamata hitam dan sunblock jangan dilupakan.
  4. Nyaman. 
  5. Menyenangkan. Koleksi hewannya bagus, kondisi hewan sehat (tidak seperti Kebun Binatang Surabaya..ah tidak...tak mau aku mengingatnya ), kandang terawat, dan tidak ada bau-bauan aneh.Detil landscaping-nya juga ciamik soro alias bagus sekali. 
  6. Edukatif. Ada banyak papan kuis di sepanjang jalan, sehingga cocok untuk belajar tentang satwa. Di beberapa tempat juga disediakan touch sceen monitor yang dilengkapi dengan video dan games tentang hewan-hewan koleksi kebun binatang ini.

See how Shinta's starring at me weirdly LOL


Saya takut ular. Tapi ketika di Batu Secret Zoo saya tidak takut sama sekali
Walaupun saya tidak bisa menggendong ular ini (wah kalo menggendong saya tidak mau)

Ornamen-ornamen hiasan seperti ini banyak tersebar di area Batu Secret Zoo
Menambah keindahan, bukan?

Rasanya tidak seru jika pergi ke kebun binatang tanpa membelai binatang-binatang itu kan? Nah Batu Secret Zoo juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk berfoto bersama dan membelai hewan-hewan lucu. Favorit saya? Binturong!
Ya binturong adalah hewan perpaduan beruang dan kucing, seirngkali disebut catbear. Binatang ini jinak dan menjadi binatang peliharaan suku asli di Malaysia. Makanannya ikan dan buah-buahan. Jika hewan lain mengeluarkan bau tidak aneh, seperti sigung misalnya, binturong mengeluarkan bau wangi mentega. Asyik kan?

The cutest binturong!!

Taman burung, beli makanan burungnya 5000 per gelas. Tidak beli juga boleh












Animal Farm

Wahana yang paling saya suka adalah "Animal Farm". Letaknya di dekat wahan permainan. Di sini pengunjung bisa membeli makanan untuk binatang (diletakkan dalam gelas plastik ukuran besar) seharga 5000 rupiah yang berisi potongan wortel dan apel. Pengunjung bisa memberi makan hewan langsung dari tangan sendiri. Tidak membeli pun tidak mengapa. Kita masih bisa tetap ikut kereta yang ditarik traktor dan melihat hewan-hewan mendatangi langsung kereta kita.

Hewan-hewan di tempat ini dibagi menjadi 9 zona. Zona pertama adalah zona harimau, tentu saja kita hanya melihat dari jauh (ya iyalah), zona kedua adalah zona leopard kalo tidak salah, dan zona ketiga adalah zona buaya. Nah mulai zona ke empat sampai ke sembilan adalah zona hewan-hewan "jinak" yang lucu. Misalnya rusa, elk (rusa terbesar), onta, kuda poni, dan bison (senang sekali melihat bison dan memberi makan bison. Super keren). Jangan sampai terlewat yang satu ini ya?







Fantasy Land


Sesuai namanya ini adalah tempat ber"fantasi". Tempat bermain sebenarnya. Banyak wahana permainan menarik dan GRATIS. Tidak perlu biaya tambahan lagi. Di Jatim Park I seingat saya ada beberapa permainan yang masih harus bayar lagi :(


Di hari libur ada boneka balon yang lucu dan siap mengjibur kita semua  sebelum memasuki Fantasy land



Banyak tempat menarik lainnya di sini. Sudah jangan banyak berpikir, kunjungi tempat ini segera :D
Recommended!! :D





Post a Comment

0 Comments

advertise