Juwet dan Kesemek

Dulu saya sering bercanda dengan murid saya ketika saya bertanya apa buah favorit mereka. Ketika salah satu murid saya lama menjawab maka saya menyeletuk, “kesemek”. Semua murid tertawa dan ada juga yang tidak tertawa karena tidak tahu buah yang saya maksud. Sudah langka gitu loh kesemek ini.
Murid lain bertanya apa bahasa Inggrisnya duku, saya bilang tidak ada bahasa Inggrisnya, tetap saja dibilang duku. Wah kesalahan saya yang pertama. Ada juga yang bertanya jambu air apa bahasa Inggrisnya, ada yang menjawab "water guava". Sok tahu banget ya? L
Selanjutnya yang lebih ekstrim, juwet apa bahasa Inggrisnya. Tertawa saja kami. Semua sepakat tidak ada bahasa Inggris untuk buah ini. Padahal, ooo ooo ooo ada loh bahasa Inggrisnya. Sebelum salah kaprah dan sok tahu tapi bodoh seperti saya, mari kita hafalkan bersama nama buah-buahan tropis ini dalam versi Inggris alias versi bulenya (saya yakin biarpun sudah diganti bahasa Inggris pasti para bule juga banyak yang tidak tahu :P )
sumber gambar: deptan.go.id

Jambu Air (Eugenia aquea) dalam bahasa Inggris disebut wax apple. Di situs lain disebut water cherry. Dulu di rumah orang tua saya kami punya pohon jambu air terlezat di dunia he he. Warna kulitnya putih-kehijauan. Buahnya manis sekali. Setiap kami memanen buah kami harus bersaing dengan semut saking manisnya buah ini. Belum lagi pesaing lain si tikus buah (codhot). Sejak saya SMP pohonnya ditebang karena tidak lagi produktif dan batangnya mulai rapuh. Saya teringat hampir setiap hari ketika pohon ini masih ada saya "tersiksa" karena harus menyapu rontokan daunnya yang luar biasa banyak (ukuran SD)




Srikaya
sumber gambar ki-ka :
epetani.deptan.go.id &sogolagro.wordpress.com
Srikaya (Annona squamosa L) dalam bahasa Inggris disebut sugar apple. Manis sekali kan, makanya disebut sugar apple. pas lah. Ini tanaman favorit keluarga kami karena tumbuh subur di sudut halaman rumah yang minim lahan. Dulu kelinci kami sering pipis dan melakukan "ritualnya" di gundukan tanah tempat pohon srikaya lebat ini berdiri. No wonder ya sangat subur he he he





sumber gambar: pulosarinow.blogspot.com






Bengkoang (Pachyrhizus erosus), dalam bahasa Inggris, lebih tepatnya bahasa bule disebut Jicama (lebih mirip bahasa Spanyol kan?) Buah andalan kosmetik ini sederhana, tidak termasuk buah elit tapi...kriuknya itu loh...saya sendiri suka menyebutnya apel jowo he he 









sumber gambar: iptek.net.id


Jambu Monyet. (Anacardium occidentale, Linn.). Dibacanya tanpa terputus ya? Bukan jambu spasi monyet he he he. Disebutnya cashew apple dalam bahasa Inggris. Cashew nut sendiri sebutan untuk kacang mede. Saya ingat di taman dekat tugu Bambu Runcing di Jalan Pemuda ada pohon jambu monyet. Saya melewati tanpa sengaja ketika hendak berdonor darah.



Sukun
Gambar : berkebundirumah.blogspot.com
Sukun (Artocarpus communis) nikmatnya buah ini. Buah yang tidak pernah dimakan mentah tepatnya.. dalam bahasa Inggris disebut breadfruit. Saya yakin karena tekstur dagingnya empuk seperti roti dan wanginya itu loh seperti mentega hmmmmm. I love it.



Duku (Lansium domesticum atau Aglaia dookoo) bahasa inggrisnya "langsat". Seperti kulit kita ya, kuning langsat he he


Kelengkeng (Dimocarpus longan) disebut longan dalam bahasa Inggris. Ada pula yang menyebutnya Dragon eye fruit..hayya buat mata naga? Sangar..


Juwet
Sumber gambar: clinicoustic.blogspot.com
Juwet , nah yang ini pas banget namanya dalam bahasa Inggris. Disebut Java plum atau Jambolan. Cocok karena warnanya seperti plum dan karena banyak ditemukan di Jawa maka dinamakan Java plum. Rasanya?? manis, masam, asyik. Speintas mirip anggur ya tapi bukan. Sekarang juwet sudah mulai langka. Untuk menikmati cuci juwet kemudian beri garam, kocok juwet dalam wadah. Juwet akan bonyok di sana sini tapi malah manis dan legit bercampur garam. Aneh tapi nyata ho ho ho


Markisa ( Passiflora sp) disebut passion fruit. Cantik nian namanya ya? Passion..hm..rasanya? Enak, wangi, ah ini buah favorit saya. Baik buah atau sari buah yang diubah jadi sirup saya suka semua. jadi ingat teman saya yang dulu pulang dari Makasar dan membawa oleh-oleh sirup Markisa. Buah markisa pertama kali saya makan ketika saya berkunjung ke rumah tante di Tanjung Pinang, Riau hampir 15 tahun yang lalu.


Delima (Punica granatum) berarti buah apel yang banyak bijinya. Dlama bahasa Inggris disebut pomegranate. Kalo dimakan biasa sih membingungkan, karena rasanya masam dan sedikit sekali daging menyelimuti bijinya yang ratusan itu. Umumnya delima digunakan untuk obat. Saya punya satu pohon delima berbuah lebat di depan rumah orang tua saya. Entah bagaimana dia muncul di situ. Seingat saya orang tua saya tidak pernah menanam. Saya suka bunganya. Tidak istimewa tapi merah-oranye menyala di tengah rimbunnya daun pohon yang lebat. 


Kesemek dengan kulit bertepung di pohon  dan buah siap santap
sumber gambar ki-ka : health.detik.com & teamim.co.il
Kesemek disebut persimmon dalam bahasa Inggris. Namnya memang tidak komersil. Jangan salah buah ini enak loh. Saya suka sekali. Rasanya ehm..susah dijabarkan. Tidak terlalu manis, renyah, tapi tidak berair. Di penjual rujak manis sepanjang Jalan Dr. Soetomo, Polisi Istimewa, dan Jalan Sulawesi dekat toko Suvenir Mirota  bebrapa penjual memasukkan kesemek dalam buah untuk setiap porsi rujak manisnya. Enak lho..(walaupun seidkit sekali irisan buah kesemeknya)


sumber gambar: kringg.blogspot.com




Salak (Salacca Edulis) dalam bahasa Inggris disebut zalacca. Ada juga yang menyebutnya snake fruit alias buah ular karena sisiknya. Hiiiiii. Tidak perlu penjelasan lebih lanjut ya karena buah ini kan cukup dan masih populer. :)


sumber gambar: mpokb.com


Kenitu, manitum makecu (Chrysophyllum cainito), saya menyebutnya "gelithu". Buah ini raja dari semua buah yang saya beri label favorit di tulisan ini. Kulit luarnya hijau mengkilat. Jangan gigit kulit luar untuk membuka biah ini. Ambil pisau, belah jadi dua dan sendok daging buah untuk menyantapnya, Lembut, wangi, dan luar biasa enaknya. Getahnya memang sangat mengganggu karena itu kita membutuhkan sendok untuk menikmati daging buahnya. Saya tidak tahu lagi di mana bisa membeli buah ini. Terakhir kali, dan ini yang tidak pernah saya lupa, almarhumah ibu saya membelikan saya gelithu. Khusus untuk saya karena mama tahu saya penggemar buah ini. Saya bawa ke Surabaya 3 atau 4 buah gelithu ini dan saya berikan satu untuk teman saya. Itulah saat pertama kali teman saya makan buah ini dan saat terakhir mama membelikan saya buah gelithu.


Sumber gambar : resepkeluargacinta.blogspot.com












Post a Comment

1 Comments

advertise