Sunday, August 12, 2012

Thatcher dan Dementia


Salah film

Beberapa hari yang lalu seorang teman memberikan file film The Iron Lady. Saya pikir itu film tentang Aung San Suu Kyi, saya bilang pada teman saya,”Oh ini filmnya Aung San Suu Kyi ya?” Dia pun mengiyakan, mungkin karena tidak terlalu mengenal tokoh dunia atau sudah lupa dengan jalan cerita di film tersbeut. Singkat kata hari ini saya tonton dengan ekspektasi yang tidak berubah, film tentang aung San Suu Kyi yang saya lewatkan penayangannya di bioskop.

Adegan pertama ibu tua yang membeli susu, ah..saya pikir settingnya memang dunia barat dulu. Saya langsung mengenali pemerannya Meryl Streep..dan sudah bertanya-tanya “Lho..bukannya di film itu tidak ada Meryl Streep dan adanya Michelle Yeoh ya? Masih positif thinking..sampai adegan di menit ke 10 mungkin saya baru sadar film ini tentang Margaret Thatcher . Ahh ya, The Iron Lady julukan Rusia padanya.
Film ini menarik sekali, buat saya film tentang politik dan sejarah para tokoh maupun peristiwanya sangat sayang untuk dilewatkan. Saya suka bagaimana Thatcher digambarkan bukan melulu sebagai superpower lady tapi lebih kepada sisi manusianya. Bagaimana kehidupannya sekarang saat ia berusia 86 tahun dan mengalami dementia alias kepikunan.
ki-ka Meryl Streep - Margaret Thatcher
Lebih politikus yang kanan kan?

Dari sebuah film saya juga menggali lebih banyak informasi lewat kawan saya google search engine dan Wikipedia. Ternyata sosok Margaret Thatcher cantik sekali. Terlihat jelas betapa cerdas dan aristocrat sosoknya. Mantan perdana menteri Inggris terlama yang memangku pemerintahan selama 11 tahun lamanya ini tidak cocok jadi anak seorang pedagang. Guratan wajah, keanggunan, dan kecerdasannya jelas terlihat wealau di usia senja. Untuk pemerannya Meryl Streep, aktingnya sih tidak diragukan lagi, tapi jujur untuk saya pribadi saya akan memilih tokoh lain yang lebih “tough”. Menurut saya Streep kurang tangguh dan kurang cantik. Cantik yang teramat cerdas. Streep mungkin ciamik berperan di film The Devil wears Prada tapi sebagai tokoh perdana menteri wajahnya harus lebih pintar, licik, anggun, dan berkuasa juga.

Harry Lloyd sebagai
Dennis Thatcher muda.
Gambar dan ulasan lain
di link  pada blog ini
Cowok Ganteng
Tokoh lain di film ini yang menawan hati saya adalah pemeran Dennis Thatcher, suami Margaret, di masa muda. Aktor bernama Harry Lloyd ini terlihat nerdy, sesuai laki-laki muda tahun 50-an tapi ketampanannya hm…buat orang lain mungkin tidak tampan tapi buat saya…mau dong jadi pacarnya :D

Dementia
Setelah melihat 1/3 film saya mulai memperhatikan tentang dementia. Dementia sering dikaitkan dengan usia tua. Dementia sebenarnya istilah umum yang dipakai untuk gejala-gejala seperti hilangnya memori dan kebingungan. Beberapa penderitanya menderita Alzheimer, bentuk paling umum dari penyakit dementia. di Australia sendiri kurang lebih 280,000 orang saat ini menderita dementia dan diperkirakan di tahun 2050 jumlahnya akan mencapai 981,000 penderita.

Tidak banyak yang tahu apa penyebab dementia, tapi beberapa ilmuwan menemukan cara untuk mengurangi resiko berkembangnya penyakit ini.
Dr Michael Valenzuela, seorang peneliti senior dari the Universitas New South Wales dan penulis buku Maintain Your Brain (HarperCollins), menyebutkan bahwa tekanan darah tinggi menjadi penyebab kedua penyakit umum dementia yang disebut vascular dementia. Penyakit ini muncul biasanya setelah karena ada masalah jantung, kolesterol, atau diabetes.  Lebih lanjut menurutnya jika di usia 40 dan 50 tahun seseorang mempuanyai tekanan darah tinggi maka ia 1,5 kali lebih rentan terkena dementia di usia 60 dan 70 tahun.

Lantas tindakan apa yang bisa kita lakukan? Penelitian yang diterbitkan tahun lalu oleh Jurnal kedokteran Inggris menyebutkan bahwa buah dan sayur berperan penting. Kegiatan yang melibatkan aktivitas otak seperti belajar, permainan memori, atau TTS bisa meningkatkan stabilitas otak. Otak bekerja seperti otot, jika tidak dilatih maka ia akan melemah.

Kesehatan jiwa juga sangat penting. jika seseorang depresi, sendiri, dan selalu merasa kesepian maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan memunculkan gejala dementia. Jadi kunci sukses menangkis penyakit ini adalah dengan menjadi seseorang yang bahagia.

Ayo berjuang melawan dementia, mari mulai melakukan hal-hal berikut:
  • Aktivitas mental yang menantang kinerja orak dengan selalu belajar hal-hal baru sepanjang hidup kita.
  • Aktivitas fisik untuk seluruh tubuh sehingga tubuh jadi lebih sehat dan otak juga ikut sehat.
  • Kegiatan sosial dengan teman dan bertemu dengan orang-orang baru.



2 comments: