Sunday, October 7, 2012

Turku - Finlandia


Turku adalah sebuah kota di pantai barat daya dari Finlandia yang terletak di mulut Sungai Aura, di wilayah Finlandia Proper. Finlandia Proper adalah wilayah di Barat Daya Findalndia. Turku, sebagai kota, didirikan pada abad ke-13 dan kemungkinan besar selesai dibangun pada akhir abad ke-13, sehingga kota ini menjadi kota tertua di Finlandia.

Dengan cepat menjadi Turku berkembang menjadi kota yang paling penting di Finlandia, status itu dipertahankan selama ratusan tahun. Setelah Finlandia menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia (1809), dan ibukota Grand Duchy of Finland (pemerintahan modern Finlandia) dipindahkan ke Helsinki (1812), Turku terus menjadi kota terpadat di Finlandia, sampai akhir tahun 1840-an. Hari ini Turku tetap menjadi wilayah penting bagi bisnis dan menjadi pusat budaya.

Karena sejarahnya yang panjang, Turku telah menjadi tempat bagi banyak peristiwa penting dan telah secara luas mempengaruhi sejarah Finlandia. Bersama Tallinn, ibukota Estonia, Turku ditunjuk menjadi Ibukota Budaya Eropa untuk tahun 2011. Pada tahun 1996 itu dinyatakan secara resmi sebagai Kota Natal  Finlandia.

Karena lokasinya, Turku menjadi pelabuhan penumpang dan komersial terkemuka dengan lebih dari tiga juta penumpang bepergian melalui Pelabuhan Turku setiap tahun ke Stockholm (Ibu kota dan kota terpadat Swedia)dan Mariehamn (Ibu kota Åland, sebuah teritori Finlandia).

Pada tanggal 31 Agustus 2012, populasi Turku adalah 179.529, hal ini menjadikan Turku sebagai kota terbesar kelima di Finlandia. Pada 31 Agustus 2008 ada 303.492 penduduk yang tinggal di wilayah sub-Turku, peringkat Turku menjadi daerah perkotaan terbesar ketiga di Finlandia. setelah wilayah Helsinki. Kota ini adalah kota bilingual karena secara resmi  5,2 persen dari penduduknya menggunakan bahasa Swedia sebagai bahasa ibu, selain bahasa Finlandia sebagai bahasa sehari-hari.






Wisata Turku (Rekomendasi LonelyPlannet):
  • Pizzeria Dennis : Restoran yang terkenal dengan pizza dan pastanya.
  • Turun Taidemuseo : Museum Seni Turku. Gedungnya terbuat dari granit dan kebanyakan koleksinya tentang barang seni modern.
  • Luostarinmäki Handicrafts Museum : Museum terbuka yang dibangun di wilayah abad ke 18 kota Turku dan pernah terbakar selama 30 kali, tetapi bangunannya masih asli. Banyak tukang kayu, pembuat perhiasan, dan pekerja seni lainnya tinggal di sekitar area museum. Ketika terjadi kebakaran besar di Turku pada tahun 1827. wilayah ini yang berhasil bertahan.
  • Dan tempat-tempat lainnya. Silakan klik di sini untuk mengetahui tempat menarik di Turku lainnya.

Ki-Ka : Pizzeria Dennis, Turun Taidemuseo, Luostarinmaki Handicrafts Museum
gambar dari berbagai sumber


Sumber:
http://www.wikipedia.org
http://www.lonelyplanet.com


No comments:

Post a Comment