Parade Juang 2013

Tidak Puas hanya nonton SURABAYA MEMBARA, drama kolosal yang dipertontonkan di depan Kantor Gubernur Jawa Tumur pada tanggal 9 November malam untuk memperinbgati hari Pahlawan, saya juga nonton Parade Juang yang melintasi Jalan pahlawan, Gemblongan, Tunjungan, dan berakhir di Taman Surya. Salah satu kegemaran saya memang nonton karnaval. Saya ingat dulu sejak kecil saya hampir selalu nonton gerak jalan dan karnaval diantar mama saya. Hampir tiap tahun say atidak pernah absen. Kakan saya tidak pernah tertarik dengan hal-hal seperti itu, anehnya ia pernah menjadi peserta dalam gerak jalan Mojosari - Mojokerto dan menjadi peserta karnaval juga. Sebagai penonton ia rupanya tidak berminat sama sekali.

Tahun ini adalah kali pertama saya menyaksikan parade juang. Beberapa peserta mulai dari veteran perang, purnawirawan, tentara, polisi, pelajar, marching band, dan beberapa peserta dari komunitas lain ikut meramaikan parade juang. Saya nonton dari seberang mall Tunjungan Plaza. Tepat duduk di pagar pembatas jalan. Saya cukup pengalaman nonton berbagai macam parade dan spot yang pas akhirnya ketemu. Nonton dengan duduk bersandar di pagar pembatas jalan.

Di Surabaya seingat saya parade yang rutin diadakan adalah Parade HUT Kota Surabaya, Parade HUT Provinsi Jawa Timur dan Parade Juang. Untuk peringatan hari kemerdekaan seingat saya ada juga tapi saya bleum pernah nonton. Dibandingkan dengan 2 parade lainnya, Parade Juang ini yang paling tidak meriah. Toh saya trenyuh juga melihat barisan para veteran yang bersemangat berjalan. Sungguh tanpa keberanian mereka dan warga kota lainnya saat itu mungkin sekarang saya tidak bisa hidup seperti ini.



Barisan lainnya yang menjadi favorit para warga tentulah marching band dengan suaranya yang memecah suara klakson dari kendaraan yang macet di sisi jalan. Salah satu yang jadi pembuka acara adalah dari Akademi Angkatan Laut Surabaya. Hampir-hampir tidak pernah absen di tiap acara.








Walaupun jumlah penonton tidak sebanyak parade lainnya, walaupun jumlah peserta parade tidak sebanyak parade HUT kota dan HUT Provinsi Parade Juang tetap menarik buat saya. Segala kegiatan dari pemerintah kota untuk mengingat dan menghidupkan Hari Pahlawan patut diapresiasi. Semoga semangat warga kota tidak pernah surut dalam mempertahankan kemerdekaan dan memerdekakan batin mereka dari segala macam himpitan ekonomi dan kesulitan hidup lainnya. MERDEKA!

Post a Comment

0 Comments

advertise