Saya dan Korea (Bagian Kedua : BANG! BIG love for BIGBANG)


Hubungan antara saya dan Korea yang kedua adalah lewat musik. Serangan budaya Korea atau yang lebih tenar disebut Korean Wave ini juga menyergap saya. Sejujurnya saya termasuk yang awalnya anti K-pop. Apalagi mengetahui para remaja putri berteriak histeris ketika band favorit mereka muncul, entah lewat lagu, gambar, atau media lain.

Teman kakak saya yang sudah berumah tangga dan berusia di atas 30 tahun juga gila K-pop. Ia penggemar grup band BIGBANG. Saya sempat mengecek video YouTube BIGBANG ketika anggota band ini diwawancarai. Kesan saya Cuma: grup yang aneh, potongan rambutnya nyleneh dengan warna-warna yang mencolok mata. Penampilannya saja begitu bagaimana musiknya (maaf tapi saat itu saya sangat memandang rendah boyband).

Entah kapan awalnya saya mulai mendengarkan lagu BIGBANG. Saya mulai mendengarkan lagu-lagu mereka dan seketika itu saya jatuh cinta dengan BIGBANG.  Saya hanya mnendengarkan lagunya tidak menonton video klip music mereka di YouTube. Ternyata cara ini manjur, saya rasa saya lebih objektif menilai sebuah boyband (di Korea mereka disebut Idol Group). Menurut saya lagu-lagu mereka tidak cengeng dan ketika lagunya sedikit menghentak, hentakannya juga pas. Entah..saya seperti mendapat Backstreet Boys versi Korea yang tidak terlalu full ballad tapi juga tidak terlalu berisik hanya jetak jetak jedum saja. Yang jelas bagi saya yang 30-an lagu-lagu BIGBANG pas dengan selera saya.

BIGBANG saat konser pamungkas di Seoul, Januari 2013
Kehebohan makin melanda ketika  saya mulai iseng melacak page resmi BIGBANG di Google Plus. Saya dulunya plusser aktif tapi kemudian saya pasif berinteraksi dengan teman-teman di circle Google Plus saya. Suatu hari saya mencari page BIGBANG di jaringan sosial ini. Tidak ada page resmi BIGBANG di Google+, beberapa yang saya temukan hanya fanpage. Satu yang  terbanyak anggotanya namanya BIGBANG is V.I.P. ,sayangnya fanpage  ini sepi-sepi saja. Jika dibandingkan dengan fanpage serupa di Facebook maka masih kalah jauh.

Suatu hari si pemilik page menawarkan secara terbuka kepada mereka yang masuk ke dalam follower fanpage BIGBANG is V.I.P. ini. Intinya karena kesibukannya dia ingin menawarkan posisi admin kepada mereka yang mau. Saya pun “melamar”. Saya tulis di kolom komentar bahwa akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi saya jika saya bisa menjadi admin fanpage  tersebut. Gayung bersambut. Saya menjadi admin fanpage itu. Tentu saja sangat mudah bagi pemilik fanpage untuk memilih saya karena saya satu-satunya yang mengajukan diri he he…

Belajar dari fanpage lain di Facebook saya aktif mengunggah berita-berita dan foto-foto tentang BIGBANG. Saya ingin menciptakan komunitas online pencinta BIGBANG sebesar dan seaktif yang saya temukan di Facebook. Saya juga bermimpi suatu saat BIGBANG atau manajemennya akan menemukan fanpage mereka di Google+. Faktanya sampai sekarang belum terekspos fanpage tersebut hehehe.

Ini tampilan fapage Google+ yang saya manage. japandaman.com adalah website Cristian si pemilik fanpage ini
 Pemilik fanpage adalah pria Australia berusia 41 tahun. Namanya Cristian Espinoza. Bukan hanya perempuan yang mengagumi BIGBANG bahkan pria dewasa pun menyukai BIGBANG. Jangan dipikir teman saya ini poenyuka pria loh..dia laki-laki tulen dan sudah beristri. Saya sudah curiga di awal sebelum saya bergabung menjadi administrator fanpage bahwa pemilik fanpage ini adalah laki-laki.  Tahu darimana? Mudah saja..bahasa yang digunakan sangat laki-laki dan terlihat dewasa. Jika di fanpage lain postingan dan artikel yang ditmpilkan lebih banyak tentang gantengnya member A, B, dan penggunaan kata oppa (sebutan para gadis / fan wanita terhadap idola / laki-laki lebih tua dalam bahasa Korea) jelas-jelas menunjukkan bahwa fanpage tersebut adminnya remaja. Saya pun berikrar membuat postingan bermutu yang tidak melulu membahas keseksian anggota BIGBANG tapi lebih pada informasi dan keistimewaan mereka.

Membutuhkan waktu hampir 3 bulan untuk mendapat banyak “+” (seperti like pada Facebook) dan juga banyak pengikut. Diskusi dan banyak komentar mulai ada setelah hampir 4/5 bulan berjalan. Saya sangat senang sekali. Walaupun sumber berita biasanya saya copas dari halaman lain dengan mencantumkan sumbernya, saya juga menambahkan hal-hal yang mungkin saya tidak tahu dengan membaca artikel-artikel lama yang ternyata memuat beberapa fakta unik tentang BIGBANG. (Cek fanpage ini dengan mengunjungi link berikut ya?)

Tampilan dashboard admin
Apa yang saya dapatkan? Kepuasan. He he..senang sekali ketika orang-orang dari berbagai penjuru dunia mengapresiasi postingan saya. Selain pertemanan dengan pemilik  fanpage saya juga mendapat jaket keren BIGBANG sebagai hadiah atas kerja saya. Wow…senang sekali. Jaket ini bukan jaket asli..tapi yang aspal. Yang asli harganya jika tidak salah mencapai hampir 2 juta rupiah, bahkan mungkin lebih. Cristian punya jaket ini, dia juga punya yang palsu dan dia berikan pada saya. Jaket ini pernah saya cek harganya di situs resmi manajemen BIGBANG Indonesia dibanderol kurang lebih Rp. 500,000 (situs resmi jual jaket KW1 juga rupanya he he). Senang sekali ketika paket jaket yang dikirim dari Australia akhirnya sampai di tangan saya.

 Cinta saya terhadap BIGBANG adalah pertalian saya yang kedua dengan Korea. Ada pertalian lainnya lagi yang dulu tidak pernah terbayang oleh saya. Saya akan ceritakan di posting selanjutnya. Yang jelas ikatan saya dengan Negara Ginseng ini bisa dikata penuh kejutan dan menguntungkan :D


Post a Comment

0 Comments

advertise