Wednesday, December 24, 2014

Ke Pasar Turi Naik Apa?

Saya adalah pecinta angkutan umum. Mungkin bagi Anda yang baru pertama kali ke Surabaya atau tinggal di Surabaya tapi tidak pernah menggunakan angkutan umum dan kepept harus naik angkot maka ini sedikit info dari pengalaman saya tentang bagaimana mencapai daerah Pasar Turi.

Jadi Pasar Turi itu sebenarnya benar-benar pasar. Pusat perbelanjaan legendaris yang entah sudah berapa kali terbakar dan kebakaran hebat terakhir kali terjadi ketika saya masih kuliah. Sampai sekarang pembangunan belum selesai, jadi mungkin sudah hampir 10 tahun belum kelar. Nah Anda perlu tahu ada yang namanya STASIUN Pasar Turi; PASAR TURI; dan PGS (Pusat Grosir Surabaya) yang satu sama lain jaraknya tidak jauh terpisah. Pasar Turi berhadapan dengan PGS. Stasiun Pasar Turi dari PGS tinggal jalan kaki kurang lebih 8 menit saja. Naik apa?

  1. Dari Terminal Bungurasih ke Stasiun Pasar Turi - PGS - Pasar Turi naik bus kota jurusan Demak / Kupang. Ketika Anda sudah melihat mall besar di kiri jalan bertuliskan BG Junction artinya anda harus bersiap-siap turun. Dari terminal ke Stasiun / PGS / Ps. Turi memakan waktu kurang lebih 45 menit. Bus kota melewati pusat kota.
  2. Dari Terminal Bungurasih bisa juga naik bus kota jurusan JMP. Bus ini lewat jalan tol jadi dijaminn cepat, secepat kilat sampai-sampai sopirnya malas mengerem..jadi waspadalah he he. Anda langsung turun di Pasar Turi di kiri jalan. Patokannya, sesudah bus keluar dari jalan tol 5 menit kemudian, bahkan kurang Anda sudah sampai di Pasar Turi / PGS. Kenek biasanya akan berteriak Loak..Loak. Harap bersiap karena tak lama Anda harus bersiap turun. Jika mau ke stasiun maka Anda turun di Pasar Turi (seberang PGS) ->  menyeberang -> jalan lurus saja melewati banyak toko-toko yang menjual kayu. Stasiun di sebelah kanan Anda tidak jauh dari perempatan tempat Anda menyeberang.
  3. Dari Terminal Joyoboyo tinggal naik angkot (bemo) lyn D warna hijau muda dan langsung turun tepat di depan stasiun. Ketika Anda sudah masuk ke jalan raya yang kiri kanannnya ada banyak penjual kayu dan buku bekas maka artinya Anda harus bersiap turun.
  4. Dari Stasiun Wonokromo bisa naik angkot lyn P ke Terminal Joyoboyo dulu (No 3)
  5. Dari RSUD Dr. Soetomo / Kampus B Unair Anda bisa naik angkot lyn C. Ingat angkotnya harus lyn C yang bertuliskan BLAURAN. Setelah angkot berhenti (selalu ngetem sejenak) di depan mall BG Junction artinya Anda sudah dekat dengan tujuan. 
  6. Dari Tunjungan Plaza (TP) naik angkot / bus kota ke Blauran. Turun pas di depan mall BG Junction. Dari mall tinggal naik bemo C yang ngetem di sana.
  7. Dari Gresik naik angkot jurusan PGS / Pasar Turi. Setelah itu menyeberang -> jalan lurus saja melewati banyak toko-toko yang menjual kayu. Stasiun di sebelah kanan Anda tidak jauh dari perempatan tempat Anda menyeberang.
  8. Dari Terminal Bratang bisa langsung naik angkot / bemo lyn Q turun langsung di depan stasiun & PGS dan menyeberang untuk ke Psar Turi.

Demikian rute angkot yang saya ingat. Jika ada pertanyaan tinggalkan pesan semoga saya bisa bantu :) Selamat berangkot ria


  

39 comments:

  1. permisi bu, kalau dari bangil ke stasiun pasar turi harus naik angkutan apa aja ya? terima kasih

    ReplyDelete
  2. Halo Pak Handis,
    Semoga saya tidak salah ya. Saya kurang tahu pasti dari arah Bangil ke Surabayanya. Anda bisa naik bus kuning jurusan Pasuruan - Mojokerto, kemudian turun di Aloha untuk ganti bus jurusan Malang-Surabaya. Anda turun di Terminal Bungurasih/Purabaya

    Dari tempat pemberhentian bus di Terminal Bungurasih Anda jalan lurus ke arah bus kota. Akan ada banyak calo, Anda bilang saja akan naik bus KUPANG. Biasanya Anda akan diantarkan ke bus ini oleh salah satu calo. Bus Jurusan KUPANG melewati Stasiun Pasar Turi pas di depannya. Demikian, terima kasih sudah mampir di blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya faisal kalo misal kan dari Pasuruan ke stasiun pasar turi naik apa ya

      Delete
  3. selamat siang bu, mau tanya ni.. kalo dari terminal bungurasih trus mau ke daerah japanan.
    naek bus apa bu???
    terimakasih. salam kenal dari jogja.

    ReplyDelete
  4. tanya ibu,
    kalau dari stasiun pasar turi mau ke PLN jalan ketintang baru, naik angkot apa ya bu? tks

    ReplyDelete
  5. Dear Pak Tri,

    Dari depan Stasiun Pasar Turi bisa naik bus DAMRI jurusan Kupang - Bungurasih. Minta turun di terminal Jatim Expo. Setahu saya seberang jalannya tidak jauh sudah gang ke PJB - PLN Ketintang. Atau dari stasiun naik bus DAMRI atau bemo lyn D (warna hijau muda) turun terminal Joyoboyo untuk oper angkot / bemo ke arah Ketintang (untuk ini saya kurang jelas angkotnya Pak mohon maaf)

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum.. Bu klo saya dr PGS trs mau balik ke mlg mnggunakan kereta, rute ke stasiun trdekatnya gmn ya bu? Makasi

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum.. Bu klo saya dr PGS trs mau balik ke mlg mnggunakan kereta, rute ke stasiun trdekatnya gmn ya bu? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Restiana Winda, walaikumsalam mbak. Dari PGS itu mbak tinggal jalan aja lawan arus ya. Jalan lurus nanti ketemu stasiun pasar turi. Letak stasiun ini di belakang PGS kok. Jadi dari pintu keluar PGS belok kanan jalan kaki arah berlawanan ya. tidak jauh mungkin 100 meter saja kok

      Delete
  8. Tanya ibu,

    Saya dari bandung naik kereta HARINA turun surabya pasar turi, klo saya mau ke terminal bungurasih naik bis damri via tol kira" keluar stasiun ke arah mana yaa bu dan nunggu nya bis di mana...untuk bis damri nya warna nya apa ibu....makasih ibu atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari depan stasiun bisa naik becak atau jalan kaki pak. Lurus saja searah arus jalan. Sampai perempatan lampu merah Bapak tunggu saja di situ dari arah kanan akan melaju bus Damri atau bus non Damri yang langsung ke Terminal Bungurasih lewat tol. Busnya warna putih untuk Damri dan yang bus non Damri pun warnanya juga putih. Kedua bus ini tarifnya 6000. Jangan salah dengan yang jurusan Sidoarjo. Ada tulisan besar di kaca depang Bungurasih.

      Jika tidak membawa banyak barang sih dari stasiun bisa jalan. Kalo bawa barang banyak bisa naik becak ato angkot (angkot bayar 3000 saja kurang dari 5 menit sudah sampai), minta turun PGS dan tunggu bus di situ Pak.

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Permisi bu, numpang tanya nih.
    Saya dari bandara juanda mau ke stasiun pasar turi.
    Itu kalau naik angkutan umum gimana ? ?
    Kalau pakai taxi bisa apa nggak ? Terus biayanya sampai berapa ?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. Halo Toko Terang Jaya,
    Dari Bandara jik anaik angkutan umum seperti berikut:
    1. Naik bus DAMRI angkutan Bandara yang menuju ke Terminal Bungurasih - bus DAMRI parkir di depan pintu arrival/departure penerbangan lokal tarif terakhir 30,000
    2. Dari terminal Bungurasih naik Bus Jurusan Kupang. Calo akan banyak menarik tangan Anda di terminal bus kota saran saya berdiri dulu di sekitaran warung dan Anda bisa membaca tulisan besar-besar di kaca samping bus. Bus Jurusan Kupang berangkat tiap 10 mnit (janjinya sih begitu) . Tarif bus 6000 berhenti tepat di depan Stasiun Pasar Turi.

    Jika Naik taxi bisa langusng naik taxi dari Bandara. Minta lewat jalan tol, turun pintu tol Dupak - Loak tarif saya rasa sekitar 175-250 ribu. Tarif taxi non bandara sekitar 175-200. Demikian terima kasih sudah mampir di blok saya selamat bepergian ke Surabaya :)

    ReplyDelete
  12. kalo dari stasiun pasar turi ada yg langsung ke sidoarjo? pemberhentian terakhir dimananya sidoarjo? thx infonya

    ReplyDelete
  13. Saya ada kereta dari stasiun pasar turi jam 6 pagi berangkat.. apa ada angkutan ya bu jam 4 subuh dari bungur asih? Mohon info

    ReplyDelete
  14. Saya ada kereta dari stasiun pasar turi jam 6 pagi berangkat.. apa ada angkutan ya bu jam 4 subuh dari bungur asih? Mohon info

    ReplyDelete
  15. kalau dari gedangan mau ke jalan semarang mau naik angkutan umum, angkutan umum yang apa ya bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik saja angkutan umum lyn kuning SDA-SBY turun di terminal Joyoboyo. Berjalanlah ke arah KBS (angkotnya tidak ngetem lama seperti di dalam terminal Joyoboyo) dan naik bemo lyn D jurusan Pasar Turi. Turun pas di Jalan Semarang :)

      Delete
  16. Kalu dari stasiun bangil k stasiun sidoarjo gmn bu ?

    ReplyDelete
  17. Malem....sorry aq lagi kebingungan mau ke mall cito dari stasiun pasar turi naik angkot apa yaa?
    Tq ya sob....mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mall Cit letaknya dekat dg Terminal Bungurasih sebenernya. Ujung ke ujung. Klao udah terlanjur rencana turun di St.Pasar Turi tinggal keluar stasiun, nyebrang dan naiklah bemo D warna hijau terang. Ada 2 opsi:

      1. naik bemo D turun di Terminal Joyoboyo dan kemudian ganti bus kota, minta turun di CITO - Anda akan turun di jembatan penyeberangan Menanggal, mall di seberang jalan.

      2. Naik bemo D turun di DTC dan kemudian naiklah segala bus kota yang melaju di depan DTC. Kawasan ini sbeenernya dilarang brenti untuk bus kota. Kalo beruntung dan jalanan ga ada polisi bisa langsung nyetop dan naik he he. Sama aja bilang turun DTC tar turunnya di Jembatan Penyeberangan Menanggal.

      Good luck

      Delete
  18. hay bu , boleh tanya, jadi kalo dari malang naik kereta bisa turun stasiun pasar turi untuk ke PGS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya dari Malang turunnya di Stasiun Gubeng (Jalur Selatan). Dari Stasiun Gubeng bisa naik angkot F dan minta turun di SMA 5 tepat di perempatan. Sekitar 300 m dari stasiun. Dari situ bisa tunggu Bemo Lyn C warna oranye jurusan Blauran dan bisa turun tepat di sebelah PGS.

      Delete
  19. Assalamualaikum maaf bu, mau tanya,, blom prnah tau daerah Surabaya.
    Kalau mau k pamekasan, madura turun dari stasiun turi baiknya naik apa ya bu abis itu?
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Mbak, wah maaf ni telat banget reply nya.
      Dari Stasiun Pasar Turi lebih baik jalan ke arah PGS. Menyeberang jalan arah seberang PGS dan kemudian naik bemo LMJ. Minta turun Ta'miriyah untuk ganti angkot K.
      Angkot K akan membawa Anda ke Pelabuhan Penyeberangan ke Madura. Dari Pelabuhan bisa naik bus yang arah ke Pamekasan. Semoga membantu.

      Delete
  20. assalamualaikum..maaf ibu saya mau tanya klo dari terminal bungur mau ke IBMT kupang naik apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,

      IBMT daerah Kupang Baru Sukomanunggal ya? Karena Kupang ada 2 wilayah dan jauh satu sama lain. Jika Anda ke IBMT Anda naik bus kota dari Bungurasih. Naiklah bus kota jurusan Joyoboyo.
      Sampai di Joyoboyo (masuk terminal sampai bus parkir) di sebelahnya Anda bisa menemukan angkot TV warna coklat tua. Ada banyak jurusan angkot TV tapi naiklah yang ke arah Sukomanunggal. Bertanyalah pada bapak-bapak di sana. Sejauh ini sangat membantu kok mereka, ga nipu. Ingat saya bemo tidak lewat tepat di depan IBMt tapi saya tidak yakin juga. Asalkan tinggal jalan sedikit ya.
      Semoga berhasil.

      Delete
  21. Assalamualikum.. Maaf Ibu, saya dari Bandung mau pakai Harina turun di Pasar Turi. Terus kalau mau ke Kedungdung Sampang Madura naik angkutan apa ya? terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Stasiun Pasar Turi bisa jalan ke arah PGS (Dari stasiun belok kiri ke arah perempatan lampu merah). Bisa menyeberang dan kemudian naik angkot LMJ warna coklat muda untuk turun di Ta'miriyah. Jaraknya sekitar 600 m. Atau naik becak bisa juga sih.
      Dari depan SMA Ta'miriyah Anda bisa naik angkot K warna putih dan turun di pelabuhan penyeberangan ke Madura.
      Setahu saya ada bus ke Madura dari pelabuhan penyeberangan.
      Saya belum pernah naik angkot ke Madura tapi Anda bisa minta dibantu sopir K untuk naik angkutan ke Madura.
      Semoga sukses :)
      Terima kasih sudah mampir di blog saya.

      Delete
  22. Selamat sore bu saya kalau dari pasar turi mau ke mall tp naik bus / angkot apa ya?? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  23. kalo dari stasiun gubeng ke tsasiun pasar turi naik mikrolet apa buk ?
    mohon bantuannya
    trima kasih...

    ReplyDelete
  24. dari stasiun gubeng ke stasiun pasar turi naik apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Stasiun Gubeng Baru (jalur KA eksekutif bisa keluar stasiun dan tunnggu bemo/angkot T2 warna coklat susu. Minta turun di Kampus A UNAIR untuk kemudian berganti dengan bemo C jurusan Blauran, pastikan Anda bertanya pada sopir karena jalur angkot ke rah stasiun Pasar Turi dan arah pulang sama.

      Jika lewat Stasiun Gubeng Lama (jalur KA ekonomi) menyeberang jalan dan naik angkot/bemo F warna coklat dan kemudian minta turun di SMA 5 sebelum perempatan lampu merah - jaraknya dari Stasiun Gubeng hanya 500m.
      Kemudian Anda tinggal menunggu angkot C jurusan Blauran di dekat perempatan.

      ANgkot C ini langsung membawa Anda ke Stasiun Pasar Turi

      Saran saya paling mudahnya lewat pintu Stasiun Gubeng Lama ya. Semoga bermanfaat.

      Delete
  25. Asw.maaf bu.kl dr psr turi mau ke kerintang timur pesnten nurul falah nnaik apa ya? Trmksh

    ReplyDelete
  26. Bu dari bandara juanda ke pasar turi via damri oper angkutan umum biasanya berapa lama y waktunya?ad sekitar 2 jam??

    ReplyDelete
  27. maaf bu mau tanya,bus kota dari terminal bungurasih ke pasar turi 24 jam y?kalo iya ikut jurusan apa dari terminal?tks

    ReplyDelete
  28. Dari Juanda ke stasiun turi naik apa

    ReplyDelete