Yuk Ke Mu Gung Hwa (무궁화)

Bunga Mu Gung Hwa
Nama Mu Gung Hwa (무궁화) bukan nama yang asing bagi penggemar makanan atau bahan makanan Korea. Saya pertama kali ke supermarket Mu Gung Hwa di Jakarta. Ketika beli Kimchi kemasan di Hypermart Supermall di Surabaya Barat juga tertulis bahwa kimchi kemasan itu adalah produk PIRT alias produk industri rumah tangga yang dibuat oleh Mu Gung Hwa. Dan beberapa bulan yang lalu tak sengaja saya menemukan lagi nama Mu Gung Hwa kali ini sebuah rumah makan Korea. Dan rumah makan ini tidak berafiliasi dengan dua Mu Gung Hwa yang saya sebut tadi.
Ternyata nama Mu Gung Hwa (무궁화) dalam bahasa Korea artinya bunga mawar sharon atau dalam bahasa latin disebut hibisus syriacus dan dianggap sebagai bunga keabadian (immortal flowers), bunga ini juga dianggap sebagai bunga bangsa. Baca cerita lebih lengkapnya di sini.

Karenanya nama ini umum dipakai untuk berbagai tempat walaupun tidak berkaitan satu sama lain.
Nah Mu Gung Hwa yang saya kunjungi di Surabaya Barat, tepatnya di daerah perumahan Bukit Palma ini adalah rumah makan yang menjual masakan Korea dengan harga terjangkau, berdiskon dan pastinya Halal. Banyak sekali restoran Korea yang otentik atau yang a la fast food di Surabaya. Tapi jika mencari yang harga terjangkau, porsi kenyang, rasa bersahabat dengan lidah kita, dan pastinya halal saya rasa cukup sulit. Restoran Korea macam Myung Ga, Go Ju Mong,  dan Baek Su tidak halal karena mereka menjual menu mengandung babi. Walaupun ada menu tanpa babi tapi saya ragu kehalalannya, jadi buat saya ya tidak halal. Oh ya jika Anda tidak ada masalah dengan meny mengandung babi Myung Ga sangat saya rekomendasikan. Teman saya yang asli orang Korea sangat suka makan di sana dan dia bilang enak.

Kembali pada Mu Gung Hwa di Bukit Palma, lokasinya mudah dijangkau. Jika Anda belum pernah ke daerah Surabaya Barat dari Ciputra Waterpark tinggal lurus ke arah Sambikerep. Lewati saja jalan mulus dari grup Cutraland yang menghubungkan Citraland dan Bukit Palma. Memasuki gapura penanda bukit Palma ada ruko-ruko di sisi jalan. Tepat di sisi kiri, di bagian paling akhir bersebelahan dengan tanah lapang ada rumah makan sederhana yang papan namanya malah menjual makanan Indonesia bertuliskan Warung Palma dan di sebelahnya ditulis Mu Gung Hwa. Alamat lengkapnya di Bukit Palma Citraland Ruko Palma Galeria RB 2 no.15 Benowo, Jl. Alas Malang, Surabaya. Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 8 malam. Jam 6 pagi? Yap, tidak salah, jam 6 pagi.

Waktu tempuh sebenarnya dari Ciputra Waterpark hanya 10 - 15 menit saja saya rasa.

Ruang makan dan dapurnya sederhana tapi rasanya saya suka. Menunya tidak seberapa banyak sebenarnya. Tidak ada side dish atau banchan di sini. Tapi mereka menjual kimchi yang menurut saya paling enak yang pernah saya coba. Kimchinya kimchi sawi putih, per 200 gramnya IDR 32,000. Ini menu makanan di sini berdasar hasil foto buku menu. Tidak terlalu banyak pilihannya tapi layak dicoba.


Seoul Fried Chickennya tidak saya rekomendasikan.
Ayam a la Korea merk  kedai cepat saji Bon Chon lebih mantab menurut saya rasanya

Tambahan toping dan level kepedasan ini ada di buku menu
tetapi saya belum mencoba apa benar-benar tersedia atau tidak. 

Ini adalah harga paling baru setelah libur Idul Fitri 1437 H he he. Harganya masih ditulis tangan




Jika datang ke sini Anda wajib melihat dengan seksama menu dari buku menunya. Terkadang kita langsung ditunjukkan bagian menu utama. Penjualnya sepertinya kakak beradik. Ramah dan ramah he he. Saya sempat bertanya jika ibu penjualnya pernah tinggal di Korea, tetapi beliau bilang hanya belajar saja masakan Korea. Kecurigaan saya lainnya sih kemungkinan dia menikah dengan orang Korea. Who knows :)

Yang paling keren di sini adalah diskonnya. Setiap tanggal 11 tiap bulan semua makanan didiskon 50%. Ya semua makanan Korea diskon separo harga. Saya paling suka tteokpokki, kimchi, dan Yukgejang di sini. Menu lainnya lumayan enak. Bolehlah Anda coba semuanya terutama pas tanggal 11 nanti. Alkisah tanggal 11 diberi diskon karena itu tanggal ulang tahun pemiliknya.

Diskon ini masih berlaku dan semoga berlaku selamanya :)

Jika pergi ke tempat ini terlalu jauh dari rumah Anda maka bisa pesan langsung via Go-Food. Menu tersedia lengkap dan selain itu juga ada bahan-bahan makanan Korea yang bisa Anda pesan.  Ini langkah-langkah pesannya.

1. Install dulu aplikasi Gojek
2. Klik ikon sendok garpu (GoFood)
3. Muncul bagian pencarian seperti di bawah ini, ketik Mu Gung Hwa


4. Muncul halaman rumah makan dan Anda bisa pilih apa saja yang Anda mau. 
5. Selesaikan pesanan.
6. Gojek driver akan menelpon Anda dan membayar dahulu pesanan Anda.
7. Tunggu kedatangan makanan dan bayar pesanan ditambah biaya kirim. 


Tinggal klik masing-masing item untuk tahu detil menu lebih lanjut
Ini beberapa bahan masakan Korea yang dijual.
Mereka juga menjual Soju (minuman beralkohol khas Korea)

Untuk kimchi Anda bisa menghubungi penjual dulu untuk menanyakan apakah kimchi masih fresh alias baru bikin atau sudah terfermentasi. Kimchi yang buatan Mu Gung Hwa pedas. Jadi tidak hanya masam seperti umumnya asinan sayur kimchi. Warnanya merah cantik tidak seperti kimchi kemasan lain yang saya pernah beli. Rasa kimchinya mantab. Terasa rasa laut , wortel, rempah, dan segar. Untuk yang fresh rasanya leboh legit. Saya suka yang sudah terfermentasi. Ini penampakan kimchi Mu Gung Hwa. Untuk 500gr, dibeli tanggal 11 di pesta diskonnya harganya hanya IDR 40,000. Artikel mendalam tentang kimchi akan saya bahas di sini.


Kimchi yang saya beli di Mu Gung Hwa 

Selain menjual makanan Korea Mu Gung Hwa juga menjual masakan Indonesia. Tampaknya menu makanan Indonesia lainnya macam bebek goreng manis, ayam goreng dan lainnya juga enak. Tapi saya malas mencoba. Jika kebetulan berkunjung ke Surabaya Barat bolehlah Anda coba makan di sini.

Info pemesanan makanan atau info lain tentang Mu Gung Hwa bisa kontak mereka di :
Nomer HP 0813-5768-3300 atau 0889-3103-300
Instagram: mu_gung_hwa 

Post a Comment

4 Comments

  1. grill nya ud mateng atau masak sendiri kayak di sadang ?

    ReplyDelete
  2. Lama bgt reply nya baru kebaca setelah hampir setahun. Ga da grill di sini.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Maaf, baca2 sundae nya mengandung babi..masak, nyuci peralatan bercampur ga tuh?
    Soale halal haram bkn karena mengandung babi, tp tercemar saat bersamaan memakai peralatan yg sm saat memasak, mencuci pun perlu di perhatikan.

    ReplyDelete

advertise